Monday, October 12, 2009

INDONESIAN ECONOMIC SYSTEM

Dalam mata kuliah ini, pembandingan perekonomian di negara kita, Indonesia dengan negara lain adalah hal yang dipelajari pada setiap pertemuannya.
Dalam kesempatan dimana saya dan kelompok melakukan mengkaji mengenai sistem ekonomi suatu negara untuk dibandingkan dengan sistem ekonomi negara kita, kelompok kami memilih negara Kanada. Mengapa Kanada? Negara adalah suatu negara maju dan berperan penting dalam perekonomian dunia. Disini kita dapat melihat, bagaimana sistem perekonomian Kanada yang cenderung ke arah kapitalis dapat membuat Kanada menajdi negara dengan perkembangan perekonomian yang pesat di dunia.
 

Sistem perekonomian Kanada lebih condong ke KAPITALIS.
Kapitalisme merupakan sistem ekonomi dan sosial yang dianut suatu negaram dimana dalam pengaplikasiannya cenderung ke arah pengumpulan kekayaan oleh individu tanpa gangguan pemerintah. Negara memiliki peranan yang kecil karena kegiatan ekonomi ditentukan oleh pasar sendiri.
Kebanyakan negara, terutama negara maju sekarang ini menggunakan sistem ekonomi yang cenderung kapitalis dengan peran negara yang minim. 
Kebaikan-kebaikan Ekonomi Kapitalisme: 
  •  Lebih efisien dalam memanfaatkan sumber-sumber daya dan distribusi barang-barang.
  • Kreativitas masyarakat menjadi tinggi karena adanya kebebasan melakukan segala hal yang terbaik dirinya.
  • Pengawasan politik dan sosial minimal, karena tenaga waktu dan biaya yang diperlukan lebih kecil.
Didalam sistem kapitalis, kekuasaan tertinggi dipegang oleh pemilik modal, dimana dalam perekonomian modern pemilik modal dalam suatu perusahaan merupakan para pemegang saham. Perekonomian pasar bergantung pada paar (berbagai perusahaan) untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
Ekonomi Kanada sekarang ini mendekati Amerika Serikat dengan sistem ekonomi berorientasi-pasar (kapitalis), pola produksi, dan standar hidup yang tinggi. Di abad terakhir, pertumbuhan luar biasa dalam produksi, pertambangan, dan sektor pelayanan telah mengubah negara ini dari ekonomi pedesaan menjadi industri perkotaan. Energi dapat dipenuhi sendiri, Kanada memiliki cadangan gas alam yang banyak di pesisir timur dan tiga provinsi barat, dan juga banyaknya sumber daya lain.Kanada telah berhasil menghindari resesi ekonomi setelah 2001 dan telah mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang terbaik di dalam grup G8. Dengan banyakanya sumber daya alam, tenaga kerja trampil, dan pabrik kapital modern, Kanada menikmati prospek ekonomi padat.
Peran pemerintahan Kadana sangat kecil. Dalam kesehariannya, pemerintah tidak memberikan subsidi subsidi dalam berbagai sektor seperti bbm, air, listrik, jadi semua harga diseuaikan dengan pasar, apabila harus terjadi kenaikan harga, maka harga akan naik tanpa harus ada campur tangan dari pemerintah.



No comments:

Post a Comment