Monday, October 12, 2009

INDONESIAN COMMUNICATION SYSTEM

Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan bagaimana komunikasi di Indonesia sebenarnya dengan memberikan tugas membahas komunikasi budaya kita dapat mengetahui bagaimana budaya itu berkomunikasi dan apa saja tradisi dari budaya itu. Dalam tugas ini saya mengangkat budaya SUNDA sebagai topik utamanya.

Sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjujung tinggi sopan santun. Pada umumnya karakter masyarakat sunda, ramah tamah , murah senyum lemah lembut dan sangat menghormati orang tua. Itulah cermin budaya dan kultur masyarakat sunda. Di dalam bahasa Sunda diajarkan bagaimana menggunakan bahasa halus untuk orang tua. Bahasa Sunda dituturkan oleh sekitar 27 juta orang dan merupakan bahasa dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa.


Kebudayaan sunda merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia. Hamper semua orang sunda menganut agama islam. Hanya sebagian kecil yang tidak beragama islam, contohnya orang baduy yang berada di banten. Kirap helaran merupakan suatu jenis kesenian tradisional atau seni pertunjukan rakyat yang dilakukan dengan arak –arakan dalam bentuk helaran. Suku    sunda dikenal memiliki aneka budaya kesenian. Tari jaipong merupakan salah satu tarian tradisinal dari suku sunda. Tari jaipong sebetulnya merupakan tarian yang sudah modern karena merupakan modifikasi atau pengembangan dari tradisional khas sunda yaitu Ketuk Tilu. Tari jaipong ini dibawakan dengan iringan music khas sunda juga yaitu degung. Selain seni tari suku sunda terkenal dengan seni suaranya. Penyanyi yang membawakan lagu disebut sinden. Tidak semua sinden bisa membawakan lagu khas sunda. Contoh lagu daerah sunda, bubu bulan, es lilin, tokecang dan warung pojok. 




                                                       tari jaipong dari sunda


baju adat sunda

No comments:

Post a Comment